Korban 15 Orang Luka Satu Tewas

Korban 15 Orang Luka Satu Tewas – Bom meledak dalam suatu kafe internet di Filipina Selatan. Ledakan ini menewaskan seseorang masyarakat serta melukai 15 orang yang lain.

Diansir Reuters, Minggu (2/9/2018), ledakan bom ini adalah serangan ke-2 yang berlangsung. Awal mulanya bom meledak berlangsung pada Selasa (28/8) kemarin.

Tidak ada grup yang mengakui bertanggungjawab atas serangan yang berlangsung di Isulan, satu kota di Pulau Mindanao selatan. Akan tetapi pihak militer Filipina menyangka serangan dikerjakan Bangsamoro Islamic Freedom Fighters (BIFF). Militer tengah mengincar beberapa orang dibalik serangan ini.

” Kemungkinan itu masih tetap Bangsamoro Islamic Freedom Fighters (BIFF), ” kata seseorang komandan divisi tentara, Brigadir Jenderal Cirilito Sobejana.

” Tidak ada grup lainnya yang berani lakukan pemboman serta tidak ada grup lainnya yang tertarik untuk membom tiada argumen, ” imbuhnya.

BIFF juga disalahkan atas ledakan yang menewaskan tiga orang serta melukai lebih dari 30 orang pada Selasa (28/8) lantas di muka satu kios baju yang berada di jalanan lokasi Isulan di Propinsi Sultan Kudarat waktu digelarnya festival jalanan. Tempat ledakan ini cuma berjarak 500 mtr. dari tempat momen paling baru ini.

Mindanao mempunyai minoritas Muslim yang besar. BIFF ialah faksi sempalan grup separatis Muslim yang di tandatangani kesepakatan damai 2014 dengan pemerintah untuk akhiri 50 tahun perseteruan yang sudah menewaskan 120. 000 orang serta menelantarkan 2 juta orang di selatan Filipina yang umumnya Katolik.

Pulau Mindanao adalah pulau paling besar ke-2 di Filipina, yang beberapa wilayahnya diselimuti pemberontakan grup Maoist serta grup separatis saat bertahun-tahun. Kondisi riskan perseteruan di Mindanao membuat kegiatan bandit serta dampak grup radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) tumbuh subur.